Kliping Email Group

Belenggu Pikiran

Share on :
http://emailbisnismarketing.blogspot.com

 



Mantis, nama seekor belalang muda yang begitu riang melompat ke sana kemari diantara dedaunan yang rimbun. Terlalu asyiknya dia bermain sampai lupa jika ada manusia yang mengincarnya. Ya, akhirnya Mantis tertangkap oleh jaring manusia. Karena bentuk dan warnanya yang unik akhirnya dia dipelihara oleh si penangkap.


Hidupnya kini tak sebebas dulu, Mantis terperangkap dalam kotak kawat berukuran 15x15 cm. Untuk waktu cukup lama ia tinggal disitu, hanya hari-hari membosankan yang menemaninya. 


Mantis terus berusaha melompat lompat dalam ruangan 15x15 cm tersebut berharap dia dapat menemukan celah untuk melepaskan diri dari kurungan. 


Dua bulan dia lewati dengan terus melompat melompat di dalam kotak, berusaha mencari celah. Hingga sampai suatu hari, si pemilik lupa menutup rapat kotak tempat Mantis berdiam. Kesempatan bagi Mantis untuk menuju alam bebas. 


Mantis melompat keluar, meloncat-loncat riang di alam bebas. Saat menikmati kebebasannya, Mantis bertemu dengan belalang lain yang umurnya lebih tua, sejenis dengannya namun dapat melompat lebih tinggi dan sangat cepat dibandingkan dia. 


Mantis yang merasa bingung lalu menghampiri belalang tua tersebut dan bertanya 


"Maaf, kenapa Anda bisa melompat lebih tinggi dan cepat, padahal kita dari jenis yang sama, dan umurku lebih muda dari mu". 


"Kau tinggal di mana selama ini? Setiap belalang muda liar yang hidup di alam bebas pasti dapat lompat setinggi dan secepat ini" jawab si belalang tua. 



Saat itulah Mantis, si belalang muda menyadari, bahwa tinggal dalam kotak berukuran 15x15 cm telah membuat kemampuan dia hanya bisa melompat setinggi kotak yang ia tinggali. Ia pun terus mencoba dan melatih untuk melompat lebih tinggi dan penuh optimis untuk dapat meloncat lebih cepat.



Terlalu lama hidup terkekang, kadang membuat kita sebagai manusia lupa bahwa sebenarnya kita mampu dan bisa seperti yang lainnya dalam hidup ini. Seperti Mantis yang begitu kikuk saat bebas dari belunggu, bahwa sebenarnya dia memiliki kemampuan yang sama.


Semua hal yang membentuk keterbatasan dan membangun penjara pikiran kita sendiri baik dari kehidupan masa lalu ataupun lingkungan yang buruk harus disingkirkan. 


Dengan kesungguhan hati dan usaha, setiap tantangan yang dilalui pastilah akan terbayar dengan apa yang akan kita raih. Hiduplah dengan segala pilihan yang kita pilih sendiri, bukan dengan pilihan yang dipilihkan orang lain untuk diri kita.




---
Inspirasi Hidup
Enhanced by Zemanta

0 komentar on Belenggu Pikiran :

Post a Comment and Don't Spam!