Kliping Email Group

Belajar Dari Anak SD

Share on :
http://emailbisnismarketing.blogspot.com



Menjelang pelajaran ke-3, seorang Guru kelas 3 SD mencoba untuk mengadakan sebuah permainan untuk murid-muridnya selama satu minggu ke depan. Sang Guru mengatakan kepada seluruh anggota kelas untuk membawa kantung plastik yang berisi beberapa kentang. Setiap kentang yang di bawa akan dilabeli dengan nama orang-orang yang di benci oleh anak tersebut, sehingga jumlah kentang yang di bawa dalam kantung plastik tersebut tergantung dari orang yang anak tersebut benci. Jika seorang anak membenci enam orang, maka akan ada enam kentang dengan label nama setiap orang yang dibencinya dalam kantung plastik tersebut.



Keesokan harinya, semua anak bersiap membawa kantung plastik beserta kentangnya yang telah ditetapkan dalam permainan. Beberapa anak memiliki 2 kentang, ada yang memiliki 3 kentang, bahkan ada yang sampai 5 kentang dan bahkan lebih.


Sang Guru kemudian menyuruh anak-anak muridnya untuk selalu membawa kentang dalam plastik tersebut bersama mereka kemanapun mereka pergi, bahkan ketika sedang ke kamar mandi atau toilet. Hari demi hari permainan terus berlalu, anak-anak mulai mengeluh luar biasa akibat bau yang disebabkan oleh kentang yang mulai membusuk. Selain itu, mereka juga merasa memiliki beban bertambah yang harus dibawanya, selain membawa tas sekolah. 


Setelah satu minggu, anak-anak merasa lega karena permainan itu akhirnya berakhir.



Guru pun bertanya: "Saya harap kalian semua menikmati permainannya. Bagaimana rasanya saat membawa kentang tersebut selama satu minggu?"


Anak-anak segera mengeluarkan rasa frustrasi mereka dan mulai mengeluhkan masalah permainan tersebut, karena merasa berat dan mual saat membawa kentang yang mulai busuk tersebut.


Kemudian guru mengatakan kepada mereka makna tersembunyi di balik permainan yang mereka mainkan.



"Ini adalah situasi yang sama dengan ketika kalian membawa kebencian terhadap seseorang dalam hati, maka kalian akan selalu membawa bau kebencian yang akhirnya akan mencemari hati kalian sendiri, dan selalu melekat kemanapun kalian pergi. Jika kalian saja tidak tahan terhadap bau busuknya kentang dalam seminggu, bisa kalian bayangkan bagaimana rasanya memiliki bau kebencian di dalam hati kalian seumur hidup? terutama bagi yang membawa banyak kentang."



Memaafkan orang lain adalah sikap terbaik untuk menerima. "Belajar Memaafkan dan Lupakan." Jika kita tidak dapat melakukannya, maka yang menanggung rasa sakitnya bukanlah orang yang kita benci, melainkan diri kita sendiri.





---
moralteachingstories
Enhanced by Zemanta

0 komentar on Belajar Dari Anak SD :

Post a Comment and Don't Spam!