Kliping Email Group

Berguru Pada Alam

Share on :
http://emailbisnismarketing.blogspot.com

 



Kimura, seorang nelayan asal Jepang yang begitu bergantung terhadap hasil laut terlihat bingung. Sudah seminggu ini hasil tangkapannya tidak sesuai dengan permintaan suplai sebuah restoran paling terkenal di Jepang. Jika tidak berhasil memenuhi permintaan restoran tersebut, maka itu adalah akhir dari usaha penyuplaian ikan Kimura yang telah di jalaninya selama 2 tahun terakhir. Bingung karena Kimura harus memberi makan ke lima anak dan istrinya dengan apa jika kerjasamanya dihentikan. 



Padahal Kimura sudah menerapkan teknik pengawetan dengan es agar ikan-ikan yang ditangkapnya selama berminggu-minggu di laut tetap segar. Pihak restoran merasa ikan yang dikirim Kimura masih kurang segar, sehingga menyebabkan omzet restoran itu merosot.



Kimura mencoba tekhnik memasukkan ikan tangkapannya ke suatu kolam buatan di kapalnya, berhasil, tapi kebanyakan ikan yang telah sampai ditujuan lebih banyak yang mati. Sehingga hasil yang didapatnya hanya cukup untuk menutupi biaya operasional.



Hingga suatu hari, Kimura tidak sengaja menangkap seekor hiu berukuran kecil yang terjaring bersama ikan-ikan yang biasa ditangkapnya. Alih-alih melepas ikan hiu tersebut, Kimura menyatukannya di kolam simpanan bersama ikan tangkapannya. Ajaib, ketika sampai di tempat tujuan, ikan-ikan tangkapannya masih banyak yang hidup. Melihat hal tersebut Kimura merasa senang lepas dari kekhawatiran yang membelenggunya selama ini.



Kok bisa?

Ternyata hiu kecil tersebut "memaksa" ikan salmon, yang merupakan hasil tangkapan utama Kimura terus bergerak agar tidak menjadi mangsa si hiu, akibatnya jumlah salmon yang mati sangat sedikit.



(Untuk masakan Jepang, ikan salmon akan terasa lebih enak dinikmati jika salmon tersebut dalam keadaan hidup saat akan disajikan, jauh lebih nikmat dibandingkan dengan ikan salmon yang diawetkan dengan es).





Terus bergerak membuat kita selalu hidup, diam hanya membuat kita mati


Lalu, apa yang membuat kita diam?


Ingatlah, bahwa kita akan dapat mengambil banyak pelajaran dalam hidup ini bukan pada saat keadaan nyaman, tapi justru pada saat kita menghadapi badai hidup. Oleh karena itu syukurilah "hiu kecil" yg terus memaksa kita untuk bergerak dan tetap "survive". Masalah dalam hidup adalah baik, karena itulah yang membuat kita terus bergerak.




---
Inspirasi Hidup
Enhanced by Zemanta

0 komentar on Berguru Pada Alam :

Post a Comment and Don't Spam!