Kliping Email Group

Fokus Hidup

Share on :




Di sebuah kota kecil yang merupakan salah satu pusat perdagangan sedang mengadakan acara makan malam tahunan dengan mengundang seorang pembicara motivator ulung. Keadaan ekonomi kota itu sedang kacau, kebanyakan masyarakatnya hidup dalam rasa putus asa, oleh karena itu mereka menginginkan sang motivator untuk memberikan sebuah dorongan kepada mereka.


Saat memulai presentasinya, sang motivator mengambil satu lembar besar kertas kosong berwarna putih, lalu dia membuat sebuah lingkaran hitam kecil di tengah-tangah kertas kosong dengan sebuah spidol. Lalu sang motivator mengangkat kertas tersebut untuk memperlihatkannya kepada para pendengar dan bertanya apa yang mereka lihat di kertas itu?

Seorang pendengar menjawab dengan cepat "Ada sebuah lingkaran hitam kecil"

"Ok, lalu apa lagi yang kamu lihat?" Tanya sang motivator kembali.

Seorang pendengar lainnya pun menjawab sama "Hanya lingkaran hitam kecil"

"Tidak kah kalian melihat sesuatu selain lingkaran hitam tersebut?" sang motivator bertanya kembali.

"Tidak" Jawab sebagian besar pendengar.

"Bagaimana dengan selembar kertas?" Tanya sang motivator

"Saya yakin kalian semua melihatnya bukan? Tapi kalian semua telah memilihi mengabaikan hal itu" Sambung sang motivator.





Dalam hidup, terkadang kita juga cenderung mengabaikan suatu hal yang besar dan lebih suka memilih memfokuskan perhatian kita terhadap hal-hal yang kecil, seperti kegagalan dan kekecewaan. Masalah dalam hidup itu seperti sebuah titik hitam di atas kertas, bentuknya kecil dan tidak signifikan jika kita mau memperluas cakrawala kita untuk melihat secara keseluruhan gambar.

Termasuk yang manakah anda, apakah anda salah satu dari orang yang memfokuskan perhatian dan energinya pada sebuah titik hitam kecil-seperti masalah tersebut? 





-Academictips-

0 komentar on Fokus Hidup :

Post a Comment and Don't Spam!