Kliping Email Group

Mental Kopi

Share on :

 



Seorang gadis muda mengadu kepada ibunya tentang hidup yang begitu amat sulit untuk dijalaninya. Dia merasa ingin menyerah dengan semua yang terjadi karena tidak tahu apa yang harus dilakukannya lagi. Dia merasa terlalu lelah berjuang, sepertinya masalah tidak pernah ada habis-habisnya, ketika masalah yang satu selesai, lalu muncul lagi masalah baru lainnya.


Ibunya lalu mengajak sang gadis menuju dapur. Dia mengisi tiga buah cangkir kaleng yang telah disiapkan dengan air lalu mendidihkannya di atas tungku perapian. Lalu dia masukkan wortel, telur dan biji kopi pada masing-masing cangkir yang berbeda.


Tanpa berkata-kata, sang anak gadis dan ibunya menunggu cangkir sampai benar-benar mendidih kembali. Sekitar dua puluh menit kemudian, di padamkannyalah perapian tersebut. Dipisahkannya benda-benda yang telah dimasukannya ke dalam wadah mangkuk. Lalu si Ibu bertanya

"Katakan pada Ibu, apa yang telah kamu lihat?"

"Wortel, telur dan biji kopi" sahut si anak gadis

Sang Ibu menarik anak gadisnya untuk lebih mendekat dan berkata

"Raba dan rasakanlah wortel itu"

"Bentuknya menjadi agak lunak bu" jawab sang gadis setelah meraba.

"Ambil dan kupaslah telur tersebut" pinta si ibu kemudian.

"Lalu rasakanlah aroma biji kopi di sampingnya" pinta si ibu lagi.

"Maksudnya apa sih Bu?" Tanya si anak gadis.


Sejurus kemudian ibunya menjelaskan "ketiga benda tersebut sama-sama mengalami perlakuan air mendidih, tapi ketiganya mengalami reaksi yang berbeda. Wortel yang tadinya keras berubah menjadi lunak. Telur yang begitu mudah pecah isinya menjadi lebih keras. Dan jika kamu perhatikan, biji kopi malah mengubah keadaan air setelah kamu merebusnya."

"Jadi, kamu termasuk yang mana?" Tanya si ibu kepada anak gadisnya.




Ketika kesulitan mendatangimu hidup mu, bagaimana kamu menanggapinya? Apakah kamu akan seperti wortel, telur, atau kopi?


Apakah kamu akan menjadi seperti wortel, yang kelihatannya keras, tapi ketika mengalami penderitaan dan kesulitan, kamu menyerah, menjadi lunak dan kehilangan kekuatan?


Apakah kamu seperti telur, yang awalnya memiliki hati lembut, lalu berubah karena panas? Apakah kamu memiliki jiwa seperti cairan dalam telur, ketika tiba kematian, perpisahan, kesulitan keuangan atau hal lainnya, telah menjadikan jiwa mu menjadi keras dan kaku? Penampakan luar mungkin sama, tapi di dalam tampak semangat yang kaku dan hati yang keras.


Ataukah kamu seperti biji kopi yang telah merubah air dan memberikan aroma harum? Dimana ketika hal-hal yang paling buruk terjadi, kamu malah mampu mengubah situasi di sekitar.



Bagaimana Anda menangani kesulitan?


Apakah kamu seperti wortel, telur atau kopi?





-Academictips-

0 komentar on Mental Kopi :

Post a Comment and Don't Spam!