Kliping Email Group

Merubah Dunia

Share on :



Seorang turis wisatawan lokal sedang berjalan-jalan di tepi pantai Senggigi, di udara yang begitu dingin dan matahari yang belum nampak sepenuhnya dia melihat sosok lain dari kejauhan. Kedua nya perlahan-lahan saling mendekat, wisatawan tersebut terus memperhatikan seorang penduduk lokal yang selalu membungkuk, mengambil sesuatu dan melemparkannya ke dalam air. Berkali-kali penduduk lokal tersebut melemparkan sesuatu ke lautan.


Begitu jarak mereka telah semakin dekat, wisatawan tersebut ternyata melihat penduduk lokal sedang mengambili bintang laut yang terdampak di tepian pantai, mengambilnya satu persatu dan melemparkannya kembali ke lautan.


Karena merasa heran, wisatawan tersebut memperkenalkan dirinya dan bertanya tentang apa yang diilakukan oleh penduduk lokal tersebut


"Aku sedang melemparkan kembali bintang laut ini ke lautan" Jawab pria tersebut.

"Kamu lihat, sekarang air laut sedang pasang surut dan semua bintang laut banyak yang terdampar. Jika aku tidak melemparkan mereka kembali ke laut, bintang laut ini semua akan mati kekurangan oksigen" tambah penduduk lokal menjelaskan. 


"Tapi, pastinya ada ratusan bintang laut yang terdampar di pantai ini" wisatawan lokal membalas


"Bagaimana mungkin anda mengembalikan semua yang ada ke lautan. Bintang lautnya terlalu banyak. Dan pastinya kejadian ini juga terjadi di sepanjang garis pantai lainnya. Jadi mustahil jika anda bisa membuat perubahan tersebut" wisatawan lokal menambahkan.


Penduduk lokal hanya tersenyum, membungkuk dan mengambil bintang laut lainnya, melemparkannya kembali ke lautan dan berkata "Jadi, buatlah perubahan pada hal tersebut"




Tiap-tiap kita adalah unik: terbatas, diberikan rasa peduli dan tanggung jawab. Kita merasa, begitu banyak yang harus dilakukan dan ternyata hanya sedikit yang mampu kita berikan.


Ketika meninggalkan pantai ini, pastinya masih akan ada jutaan bintang laut yang terdampar di pantai. Mungkin kita tidak bisa merubah seluruh dunia, tetapi tidak ada salah satu pun dari kita yang tidak bisa membantu membuat cara pandang satu orang berubah di dunia ini.



-Academictips-
Enhanced by Zemanta

0 komentar on Merubah Dunia :

Post a Comment and Don't Spam!