Kliping Email Group

Saling Menguntungkan

Share on :

Ketika suatu perusahaan ban di dunia Barat sedang meluncurkan barang-barang ke pasaran, ada iklan yang menjanjikan bahwa "barang siapa yang dapat menunjukkan satu cacat nyata pada ban itu, akan mendapat hadiah $50.000". Secara alami orang berbondong-bondong untuk membelinya. Jika cacat, maka merupakan keuntungan, jika tidak, mereka tidak kehilangan apa-apa karena mereka benar-benar membeli ban yang bagus.



Pada akhirnya perusahaan benar-benar menerima 20 persen pengaduan yang memang asli. Orang yang mengadu, secara hormat di undang untuk seminar, biaya perjalanan di bayar oleh perusahaan. Ini memberikan kesempatan untuk mengemukakan pandangan tentang bagaimana ban seharusnya ditingkatkan. Satu usulan konkret akhirnya muncul secara mufakat, dan hadiah di bagikan kepada mereka pada saat seminar tersebut.



Dengan mempertimbangkan usulan-usulan pelanggannya, perusahaan itu dapat meningkatkan kualitas ban asli. Meski biaya yang dikeluarkan lumayan bertambah, ban-ban itu terjual jauh melebihi jumlah penjualan sebelumnya. Mulanya, ban-ban itu telah diproduksi menurut bentuk perusahaan sendiri, sedang versi yang ditingkatkan didasarkan pada pendapat dan saran para pelanggan. Adalah sangat alami bahwa orang seharusnya menerima produk asli yang jauh lebih baik.


Di dunia ini, semua orang –tidak hanya produsen dan pelanggan- saling tergantung kepada yang lain. Oleh karena itu, hanya dengan membagi dan kerja sama, mereka dapat mengarahkan dirinya pada kesuksesan hidup. Itulah aturan "memberi-menerima" yang seharusnya paling aktif, seperti jalan dua jalur. Suatu sistem keuntungan tak dapat hanya dari satu jalur. 



Sukses Bermodal Kegagalan 


-Maulana Wahiddin Khan-
Enhanced by Zemanta

0 komentar on Saling Menguntungkan :

Post a Comment and Don't Spam!