Kliping Email Group

Cara Mengatasi Customer Rewel

Share on :



Siapa sih diantara kita sebagai penjual yang tidak pernah merasa kesal bila menghadapi customer yang selalu berulang kali mempertanyakan hal yang sama.


Di saat Anda telah mempresentasikan produk Anda dengan full of energy sebaik-baiknya, dan pasti yakin produk Anda akan goal terjual, namun customer balik lagi mempertayakan hal yang sama yang sudah Anda jawab 5 dan 10 menit yang lalu.


Sebagian besar dari kita yang berposisi sebagai sales people kadang merasa tidak sabaran menghadapi tipe customer seperti ini. Biasanya sales people cenderung mencoba mengabaikan pertanyaan yang berulang ini dengan cara langsung maupun tak langsung dengan kata-kata "as I told you so…." Atau kadang sebaliknya, merasa kurang jelas dengan apa yang disampaikannya, lalu mencoba menjelaskannya kembali hingga terjebak dalam lingkaran pembicaraan tanpa ujung.


"Jika customer merasa tidak yakin dengan perasaannya, maka cenderung akan berkata 'Tidak'"


Ketahuilah bahwa keraguan akan mengantar customer pada penolakan. Yang perlu Anda lakukan adalah membalikkan pemikiran mereka, dari keraguan menjadi penuh keyakinan, dari kebingungan menjadi kesepahaman, dari ketakutan menjadi 100% sure. Pastinya semua tidak akan berjalan dengan mudah, perlu analisa mengenai tingkat keyakinan serta sikap
tubuh dan suara mereka. Apakah mereka telah cukup yakin dengan apa yang
telah Anda sampaikan? Atau mereka hanya ingin menguji keyakinan Anda
terhadap produk yang dipresentasikan?



Jadi, amatilah dengan baik buying signal yang sedang terjadi ini. Jika customer selalu menanyakan pertanyaan yang sama, bisa jadi customer tersebut sedang meminta konfirmasi dan klarifikasi final terhadap keputusan akhirnya.


Yakinkan customer dengan jawaban yang tepat. Lakukan dengan penuh keyakinan dan penuh dengan percaya diri. Jawaban singkat dengan intonasi tegas dan firm akan menghapus semua keraguan dari pikiran mereka, meskipun Anda harus mengulangi jawaban yang telah Anda utarakan sebelumnya. "benar Bu Santi, produk kami menggunakan teknologi blabla buatan blabla. Dan jaminan garansi 1 tahun." Cukup singkat saja tidak perlu menjelaskan detailnya lagi.


Selanjutnya, arahkan menuju proses closing dengan mengisis form ordernya. Lakukan dengan gerak tubuh yang elegan penuh keyakinan tanpa ragu-ragu.



Yang implisit (tidak kasat mata) terkadang jauh lebih penting daripada yang eksplisit (terlihat jelas). Kandungan emas dan sumur minyak seringkali tersimpan jauh di balik permukaan tanah. Tugas kitalah untuk menggali dengan disiplin dan teliti, sambil mengamati cara-cara sukses yang pernah dilakukan oleh mereka yang sudah terbukti berhasil.





-James Gwee-
Enhanced by Zemanta

0 komentar on Cara Mengatasi Customer Rewel :

Post a Comment and Don't Spam!