Kliping Email Group

Sebuah Pelajaran dari Tumbuhan Merambat

Share on :


Sebuah tanaman merambat yang tumbuh di halaman rumah, suatu saat mendapatkan kesialan. Akar dan rantingnya terpendam di bawah gundukan tanah dan reruntuhan rumah yang sedang mengalami perbaikan. Kemudian, ketika halaman dibersihkan, pemilik rumah memotong tumbuhan merambat yang telah rusak parah itu, bahkan akarnya telah dicabut agar tidak akana tumbuh lagi. Seluruh halaman rumah kemudian dilapisi dengan batu bata dan semen.

Beberapa minggu kemudian, ada sesuatu yang bergerak pada tempat di mana tumbuhan merambat tadi telah dicabut. Batu bata-batu bata terangkat ke atas seakan ada sesuatu yang mendorongnya dari bawah. Ini tamapak sangat aneh! Bahkan tak mungkin terjadi karena pekerjaan galian kelinci atau tikus. Semua menjadi sebuah teka-teki.

Akhirnya teka-teki itu terpecahkan ketika beberapa batu-bata dibongkar. Ditemukan bahw tumbuhan merambat tadi mulai tumbuh lagi walaupun dalam bentuk yang sangat menyedihkan. Itu bisa terjadi karena tidak semua akarnya tercabut, dan ketika waktu musim tubuhnya tiba, kehidupan mulai menggerakkannya dalam mendorong batu bata ke atas, menerobos semen untuk memperoleh sinar matahari.

Apa yang bisa kita ambil dari peristiwa tersebut ? itu merupakan satu di antara keajaiban alam, sehingga daun-daun dan tunas-tunas lemah sekalipun –yang secara mudah dapat dirusak dengan daging antara jari telunjuk dan jempol- dapat mendatangkan kekuatan luar biasa untuk mendorong jalan mereka menerobos batu bata dan semen.

Pemilik rumah sungguh menyesal telah berusaha mengambil kehidupan tumbuhan merambat itu. "Tumbuhan itu seakan-akan meminta haknya kepadaku untuk tumbuh. Sekarang tentunya aku tidak akan menghalangi jalannya," kata pemilik rumah sambil membuang lebih banyak batu bata agar tumbuhan rambat itu tumbuh leluasa. Kurang dari satu tahun, tumbuhan merambat itu telah tumbuh menutupi tembok halaman tepat pada posisi di mana ia telah "di cabut" secara kasar.    

Sebuah pegunungan yang begitu tinggi dan lebat, tidak dapat membuang kerikil dari lerengnya walaupun satu buah. Tetapi ranting pohon yang sangat kecil dan lemah seperti tumbuhan merambat tadi dapat memecah lantai bersemen dan dapat bertunas menerobosnya. Dari manakah kekuatan sepeti itu? Sumber energinya adalah fenomena misterius dari alam yang disebut dengan kehidupan.

Kehidupan adalah sebuah proses yang mengagumkan. Ia benar-benar terjadi pada alam mini. Hanya kekuatan yang akan menuntut hak-haknya di alam mini. Kehidupan meskipun telah dicabut akan terus melanjutkan keberadaannya. Boleh jadi, sesaat ia tidur dan terlelap, namun pada saat kesempatan datang ia akan kembali hadir dengan kekuatannya, seperti tumbuhan merambat itu.


Sukses Bermodal Kegagalan

-Maulana Wahiddin Khan- 

0 komentar on Sebuah Pelajaran dari Tumbuhan Merambat :

Post a Comment and Don't Spam!