Kliping Email Group

PR Yang Sulit

Share on :

George Danzig, seorang mahasiswa disalah satu universitas, di Amerika Serikat, kala itu ia terlambat untuk datang pada mata kuliah matematika, ia memasuki kelas namun ternyata teman2 nya sudah pada bubar.

George melihat 2 buah soal pada papan tulis itu, ia berpikir bahwa itu pasti adalah PR yg baru diberikan oleh Profesornya, sehingga dia mencatat pada bukunya dan membawanya ke rumah.

Berhari-hari dia mencoba untuk menyelesaikan PR tersebut, berbagai cara ia coba...Mungkin ia berpikir...
"Tidak biasanya Dosen memberi tugas demikian sulitnya, tapi pasti ada jawabannya, pasti ada..."

Pada akhirnya, ia berhasil mengerjakan soal nomor 1.

Karena ia mengira soal itu adalah PR, ia mengumpulkan tugas tersebut kepada Profesornya dan meletakkan di ruang kerja Profesor tersebut....

Ketika siang hari, dia di cari oleh sang Profesor, sang Profesor pun bertanya bagaimana dia bisa menyelesaikan soal tersebut..??!

George menjelaskan bahwa ketika itu dia terlambat mengikuti mata kuliahnya dan dia hanya melihat 2 soal itu di papan tulis dan menganggap bahwa itu adalah PR.

Tahu apakah jawaban dari sang Profesor itu...??!

Soal itu ditulis sang Profesor ketika sedang menjelaskan tentang 2 buah soal matematika tersulit di muka bumi ini dan hingga pada saat itu tidak ada yang bisa memecahkannya...!

BERARTI...
Kalau saja saat itu George mengikuti mata kuliah itu, mungkin saat itu ia berpikir bahwa itu memang soal tersulit dan berpikir bahwa memang tak seorang pun dapat menyelesaikannya.!

Dapat diduga, ia akan teracuni oleh kata-kata Profesornya tentang sulitnya soal itu.

Danzig saat ini ia menjadi salah satu Profesor terkenal di Stanford University. Dia dikenal senagai pemecah soal matematika tersulit, dan dia memecahkannya ketika dia memang tak tahu bahwa yang dikerjakannya adalah soal tersulit yg pernah ada....

RENUNGAN: 
Sesuatu akan terasa sulit apabila kita menganggap bahwa yg sulit itu adalah sulit... maka alangkah baiknya kita memulai sesuatu tanpa anggapan "sulit". Danzig membuktikan bahwa sesungguhnya sulit itu seringkali merupakan anggapan semata...

Guess Less, Action More :)

----
PDewo

0 komentar on PR Yang Sulit :

Post a Comment and Don't Spam!