Kliping Email Group

Besar Tak Berakal

Share on :



Ada seorang pria yang sedang menjelajah di dalam hutan melewati sekumpulan gajah, tiba-tiba berhenti, merasa heran dengan apa yang dilihatnya. "Bagaimana mungkin hewan sebesar itu dapat ditahan oleh tali kecil yang hanya membelenggu kaki depannya" Tanyanya dalam hati. Tidak ada rantai ataupun kandang. Sungguh mengherankan, seharusnya hewan itu mampu, kapanpun dia mau lepas dari ikatan tali yang lemah itu, tapi faktanya tidak.


Dia melihat sang pawang gajah yang sedang berdiri lalu bertanya


"Kenapa gajah-gajah itu hanya berdiri saja di sana dan tidak berusaha untuk kabur?"


"Oh…, ya karena pada waktu mereka masih kecil dan sangat muda kami selalu menggunakan tali yang sama untuk membelenggu kaki mereka, pada saat usia itu tali itu cukup untuk menahan mereka. Seiring bertambahnya ukuran mereka, hewan itu merasa dan percaya bahwa tali yang membelenggu kakinya tidak dapat diputuskan. Karena mereka percaya bahwa tali itu akan tetap menahan mereka, jadinya mereka tak pernah mencoba untuk memutuskannya apalagi kabur" terang sang pawang.


Pria itu terkagum-kagum. Hewan ini bisa saja setiap saat membebaskan diri dari ikatan yang lemah itu, tetapi karena mereka percaya bahwa mereka tidak bisa, akhirnya mereka terkekang tepat di mana mereka berada sekarang.




Seperti gajah, berapa banyak dari kita yang menjalani hidup selalu berpegang pada sebuah keyakinan bahwa kita tidak bisa melakukan sesuatu hanya karena pernah gagal sekali sebelumnya?



Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran, kita tidak boleh menyerah dalam perjuangan hidup ini.




-Academictips-
Enhanced by Zemanta

0 komentar on Besar Tak Berakal :

Post a Comment and Don't Spam!