Kliping Email Group

Air Tuba dibalas Air Susu

Share on :



Pada saat Berlin Timur & Berlin Barat berselisih, kedua negara itu dipisahkan oleh sebuah tembok raksasa sepanjang 165 km x tinggi 3.6 m, yang dibangun oleh Berlin Timur, dan dikenal sebagai Tembok Berlin. Berlin Timur selalu diidentitas sebagai daerah kekuasaan Soviet, sedangkan Berlin Barat diidentitas kekuasaan Amerika. Kehidupan di kedua Berlin itu, sangat jauh berbeda, Berlin Timur sangat miskin & ketinggalan, sedangkan Berlin Barat hidupnya makmur & kaya.


Karena melihat kehidupan Berlin Barat yang demikian majunya, ini telah menimbulkan kebencian & keirian dari penduduk Berlin Timur. Suatu hari mereka mengumpulkan sejumlah sampah lalu sengaja dibuang ke Berlin Barat, ini juga upaya provokasi utk memperuncing konflik Blok Timur & Blok Barat.


Penduduk Berlin Barat tidak marah apalagi membalas dengan sampah yang dibuang ke wilayahnya. Sebaliknya mereka mengumpulkan sejumlah makanan lezat lalu dilemparkan balik ke Berlin Timur. Dengan sebuah spanduk disisipkan di antara barang yang dilemparkan.


Spanduk itu berbunyi "Terima kasih atas pemberian yang kalian miliki. Kami hanya bisa memberikan apa yang kami miliki. Semoga bisa bermanfaat Saudara sebangsaku".


Penduduk Berlin Timur merasa sangat malu karena setelah diberikan sampah, malah dikembalikan dalam bentuk makanan, serta masih menganggap mereka saudara sebangsa. Dan semenjak saat itu, tidak pernah lagi terdengar adanya sampah & kotoran yang dibuang ke Berlin Barat.


PESAN MORAL :

"Kebencian tidak akan berakhir apabila dibalas dengan kebencian, kebencian akan berakhir apabila dibalas dengan cinta kasih."


Balas dendam hanya akan membuat seseorang menjadi sama derajatnya seperti musuhnya, dan akan menimbulkan kebencian yang tidak ada akhirnya.


Memaafkan bukan berarti lemah, namun justru karena kuat dan cukup dewasa untuk memahami nilai sebuah "kedamaian"


 ----
Soegeng Priyono

0 komentar on Air Tuba dibalas Air Susu :

Post a Comment and Don't Spam!