Kliping Email Group

Pandangan Pertama-Awal Penilaian Melekat

Share on :
http://emailbisnismarketing.blogspot.com


 

Hanya dalam 2 detik melihat orang terkadang  kita sudah mempunyai kesan tertentu. Baik itu kesan bagus atau kurang bagus. Bagaimana kalau kita melihat dalam 5 atau 10 detik. Apakah dengan waktu yang lebih lama, hasilnya akan berbeda?


Bagaimana kalau kita mengamati orang tersebut selama 3 bulan? Apakah hasilnya akan berbeda dengan penilaian 2 detik tadi? Kita akan menjawab, "TENTU SAJA!!". 3 bulan tadi akan menghasilkan informasi yang lebih banyak dan akurat!


Tidak, hasilnya TIDAK akan berbeda. Penilaian kita terjadi dalam 2 detik pertama. Seorang psikolog dari Harvard, "Nalini Ambady" melakukan survey. Sekelompok murid diminta untuk mengamati sekelompok profesor yang sedang mengajar selama 2 detik. Lalu diminta hasil penilaiannya.


Lalu murid-murid tersebut diminta memperhatikan selama 5 detik dan 10 detik, hasilnya tetap sama. Bahkan Dr. Ambady menunggu sampai akhir semester, lalu meminta penilaian lagi. Hasilnya waktu yang diberikan sampai akhir semester itu memberikan efek yang kecil sekali. Hasilnya tetap sama!


Ada yang mengatakan, efek pandangan pertama itu hanya sekejap saja. Ini kurang tepat, efek pandangan pertama itu abadi.

Kita langsung menilai seseorang dalam seketika dan semua pengalaman kita sesudahnya, kita "cocokkan" / "masukkan" ke dalam penilaian kita tadi.

Detik-detik pertama bertemu client adalah yang MENENTUKAN! Ayo kita latih. Pakai baju yang mendukung, jam yang mendukung, kata-kata yang mendukung. Detik-detik pertama ini yang membentuk detik-detik dan bulan-bulan berikutnya.

Jadilah EXCELLENT untuk detik-detik pertama!

Mau?

--
Hendrik Ronald - Service Excellence Trainer

0 komentar on Pandangan Pertama-Awal Penilaian Melekat :

Post a Comment and Don't Spam!