Kliping Email Group

Bergerak Hati-Hati

Share on :

 

Ketika sungai harus diseberangi, hewan-hewan kecil dapat berenang menyeberang, dan hewan-hewan yang bisa terbang dapat menyeberang dengan cepat. Namun lihatlah gajah yang akan menyeberang, dia tidak melangkah dengan cepat seperti makhluk lainnya. Mula-mula ia akan mencoba dasar sungai, keras ataukah tidak, untuk meyakinkan dirinya, bahwa dia tidak menumpukkan seluruh beratnya pada kaki depan. Kemudian ketika sudah yakin pada pijakannya, gajah itu mulai melangkah. Dia bergerak lambat, karena masih takut terjerembab selamanya dalam lumpur. Dia bergerak hati-hati, dengan meneliti dasar sungai setiap langkah.



Manusia dianugerahkan kemampuan otak yang lebih besar dibandingkan gajah. Sepatutnyalah kita mengukur ground ahead (tanah yang di depan) jalan yang akan kita lalui, tidak melangkah secara sembrono tetapi bergerak dengan hati-hati. Tak ada orang yang akan menyalakan api di dekat gudang bubuk mesiu.



Orang yang optimis selalu melihat ke masa depan, memandang lurus ke depan, dan tak menoleh ke kanan dan ke kiri. Dia selalu memikirkan akibat jangka panjangnya daripada sekedar pertimbangan sementara. Dia melihat sesuatu bukan dari sudut pandang keinginan dan perbuatan pribadi, namun dari sudut padang kenyataan.



-Maulana Wahiddin Khan-

0 komentar on Bergerak Hati-Hati :

Post a Comment and Don't Spam!